Surya Paloh. Medcom.id/ Faisal Abdalla
Surya Paloh. Medcom.id/ Faisal Abdalla

Surya Paloh Ingatkan Pentingnya Nilai Pancasila

Nasional pancasila
Faisal Abdalla • 14 Desember 2018 23:41
Lombok Barat: Tokoh Nasional Surya Paloh memberikan kuliah umum kebangsaan dalam kunjungannya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam pidatonya Surya mengingatkan pentingnya nilai Pancasila sebagai perekat bangsa. 

"Pancasila ditemukan seutuhnya dari hasil karya pemikiran Indonesia. Ini alat perekat dan pemersatu kita," kata Surya di Pendopo Kantor Bupati Lombok Barat, NTB, Jumat, 14 Desember 2018. 

Surya mengatakan Pancasila merupakan maha karya asli yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Sebagai ideologi, Pancasila juga tidak menjiplak paham dari negara manapun. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Di dalam Pancasila, lanjut Surya, terkandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah mufakat, serta keadilan. Terlepas dari segala perdebatan, Pancasila merupakan warisan para pendahulu sebagai suatu komitmen yang mengikat semua anak bangsa.  Namun begitu, Surya menyayangkan saat ini bangsa Indonesia mulai meninggalkan nilai-nilai Pancasila. Surya khawatir kepentingan praktis dan pragmatisme dapat mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Bangsa ini menangis, seakan-akan kita umat yang tidak mensyukuri karunia. Kita terlalu sombong. Bahkan alat pemersatu yang tadi saya sebut ideologi, seakan-akan sudah tidak berarti lagi sebagai alat yang mempersatukan kita," tutur dia.

Surya berharap ke depan seluruh elemen bangsa semakin memperat persatuan dan kembali ke nilai-nilai Pancasila. Dia yakin seluruh masyarakat Indonesia masih memiliki komitmen kuat untuk memajukan bangsa. 

"Agar kita bisa lebih bekerja keras, dan bisa membangun ketertinggalan kita sebagai bangsa yang merdeka," tandas dia.


(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi