Antara Foto/Rosa Panggabean
Antara Foto/Rosa Panggabean

Fraksi PAN Menolak Wacana Dana Rutin Parpol

Nasional parpol
Anggi Tondi Martaon • 31 Agustus 2017 19:40
medcom.id, Jakarta: Anggota Komisi II Yandri Susanto membantah tuduhan bahwa DPR mengusulkan dana rutin partai politik. Dana rutin yang dimaksud di luar dana parpol Rp1.000 yang telah disepakati pemerintah dan DPR.
 
Yandri mengatakan, wacana itu tidak pernah mengemuka di Komisi II. "Fraksi PAN tidak pernah mengusulkan," kata Yandri di gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2017.
 
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyampaikan, jika pun ada usulan seperti itu, partainya akan menolak. Menurut Yandri, Fraksi PAN juga menolak dana parpol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami yang Rp1.000 saja tidak setuju, apalagi yang dana rutin," tegas Yandri.
 
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan, DPR mengusulkan adanya dana bantuan rutin untuk parpol. Dana bantuan rutin di luar dana bantuan parpol yang sudah dinaikkan dari Rp108 menjadi Rp1.000 per suara.
 
Menurut Tjahjo, sejauh ini mekanisme atas bantuan tersebut, termasuk besarannya masih belum jelas. Pemerintah, kata dia, menganggap dana rutin baru sekadar masukan.
 
"Kalau yang Rp1.000 itu kan adil. Artinya, kalau parpol perolehan kursinya banyak, akan dapat dana bantuan yang besar dari pemerintah," jelas Tjahjo.
 

(TRK)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif