Prabowo-Sandi Menjalani Tes Kesehatan
Bakal cawapres Sandiaga Uno/Medcom.id/Faisal Abdalla
Jakarta: Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjalani tes kesehatan hari ini. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat.

Sandi tiba di RSPAD sekitar pukul 07.10 WIB. Sandi mengenakan polo shirt biru dongker.

"Hari ini saya dan Pak Prabowo akan menjalani tes kesehatan. Insyaallah semuanya akan berjalan dengan lancar. Mohon doa restunya," kata Sandi di RSPAD, Senin, 13 Agustus 2018.


Sandi disambut langsung jajaran komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), di antaranya Ketua KPU Arief Budiman dan anggota KPU Ilham Saputra. Sedangkan Prabowo sudah tiba di RSPAD sekitar pukul 06.40 WIB.

Baca: Hasil Tes Kesehatan Bakal Capres dan Cawapres Diserahkan Rabu

Sandi mengatakan tes kesehatan ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda agar bergaya hidup sehat dan rutin mengecek kesehatannya.

"Karena kita ingin masyarakat kita menjadi generasi yang sehat dan mengerti promotif preventif dan rutin mengecek kesehatannya," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Berdasarkan SK KPU Nomor 1004/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Capres dan Cawapres, ada 16 tahapan pemeriksaan. Namun, hanya ada 14 tahapan pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui bagi calon laki-laki.

Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjalani tes kesehatan, Minggu, 12 Agustus 2018. Setelah semua paslon menjalani tes kesehatan, Tim Pemeriksa yang berasal dari unsur Ikatan Dokter Indonesia (IDI), RSPAD, dan sejumlah dokter spesialis akan menyerahka hasil kesimpulan tes kesehatan kepada KPU.

Hasil kesimpulan akan menjadi pegangan KPU memutuskan apakah kedua pasangan memenuhi syarat ditetapkan sebagai capres dan cawapres secara medis. KPU akan menetapkan pasangan calon pada Pilpres 2019, 20 September 2018.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id