Ilustrasi DPR. Medcom.id
Ilustrasi DPR. Medcom.id

Puan Janji DPR Fokus Mengatasi Korona

Nasional Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 30 Maret 2020 10:32
Jakarta: DPR berjanji membantu pemerintah menangani virus korona (covid-19) yang menjangkiti Tanah Air. Seluruh fungsi kedewanan bahkan akan difokuskan untuk penanganan wabah virus tersebut.
 
"Dalam masa darurat, semua kegiatan DPR akan diarahkan untuk membantu mengatasi wabah korona," kata Ketua DPR Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Senin, 30 Maret 2020.
 
Politikus PDIP itu mengatakan salah satu fokus pembahasan legislator yaitu menyesuaikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020. Sebab, wabah yang pertama kali menjangkiti Wuhan, Tiongkok, itu berdampak pada perekonomian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dibutuhkan penyesuaian dan perubahan baik dari sisi penerimaan, belanja, dan pembiayaan yang fokusnya pada penanganan wabah corona serta penanggulangan dampak sosial dan ekonominya," kata dia.
 
Puan menyebut Masa Sidang III Tahun 2019-2020 akan dibuka dengan rapat paripurna (rapur) pukul 14.00 WIB. Rapur kali ini mengalami beberapa penyesuaian.
 
Baca: Karantina Wilayah DKI Tunggu Izin Pemerintah Pusat
 
Salah satunya membatasi kehadiran fisik peserta Rapur. Rapur ini juga hanya dihadiri oleh tiga pimpinan DPR, satu orang perwakilan fraksi dan AKD. Sisanya, akan mengikuti rapat secara virtual.
 
"Rapat akan berlangsung cepat, tidak ada pengambilan keputusan, hanya membuka masa persidangan III saja," kata dia.
 
Puan Janji DPR Fokus Mengatasi Korona
Ilustrasi Medcom.id
 
Rapur kali ini memberlakukan protokol pencegahan virus korona. Seperti pengecekan suhu tubuh, disemprot disinfektan dan wajib menggunakan cairan pembersih tangan sebelum masuk ruang rapat di Gedung Nusantara III. Posisi duduk peserta Rapur juga diatur berjarak. Selain peserta, lokasi Rapur tidak boleh dimasuki oleh orang lain.
 
Untuk kepentingan media, rapat paripurna juga diatur sesuai protokol darurat wabah Corona. Untuk media elektronik akan ada TV pool. Para wartawan yang biasa meliput di DPR juga bisa mengikuti rapat paripurna melalui livestreaming yang disediakan oleh biro pemberitaan DPR RI.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif