Ilustrasi pemilihan umum. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi pemilihan umum. Medcom.id/M Rizal

Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020 Diharap Tak Luntur

Nasional Virus Korona Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 29 Mei 2020 02:09
Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2020 tak menurun di tengah pandemi covid-19. Pesta demokrasi untuk memilih kepala daerah itu akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020.
 
"Target kita tetap 77,5 persen, belum menaikkan target," ujar Arief dalam diskusi virtual Rumah Pemilu, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Sebelum covid-19 menyerang Tanah Air, KPU berencana menaikkan target partisipasi masyarakat mencapai 80 persen. KPU berkaca pada tingginya partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 yang mencapai 82 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief melihat partisipasi masyarakat akan ditentukan dengan perkembangan kurva penyebaran covid-19 di setiap daerah. KPU memastikan protokol kesehatan akan diterapkan pada Pilkada Serentak 2020.
 
"Kalau kurva (penularan) naik, maka berat bagi kita semua. Meski seluruh protokol kesehatan sudah kita penuhi," tuturnya.
 
Baca: KPU Berencana Gunakan Alat Coblos Sekali Pakai
 
Namun, KPU masih menaruh harapan besar atas tingginya partisipasi masyarakat dalam meramaikan pesta demokrasi di daerahnya masing-masing.
 
Pelaksanaan pilkada serentak direncanakan berlangsung pada Desember 2020 dari jadwal awal September 2020. Pilkada berjalan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan covid-19 atau merujuk pada kenormalan baru (new normal).
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif