Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pemerintah Pangkas Pemberian Bansos Tahap II

Nasional bansos
Nur Azizah • 04 Juni 2020 18:26
Jakarta: Pemberian bantuan sosial (bansos) dari pemerintah akan berakhir Juli 2020. Namun, pembagian bansos akan dilanjutkan hingga akhir tahun.
 
"Bansos memang akan ada diperpanjang sampai Desember 2020 tetapi nilai bantuannya 50 persen dari total yang selama ini kita lakukan yang nanti akan berakhir pada bulan Juli," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis, 4 Juni 2020.
 
Selain mengurangi hingga 50 persen, pemerintah juga berencana mengubah bansos sembako menjadi bantuan langsung tunai (BLT). Skema pengubahan masih dibahas Kementerian Sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Penyaluran Bansos Diperpanjang hingga Desember
 
"Nanti tentu saja akan kita beritahukan tentang keputusannya dan kenapa itu kita lakukan," ujarnya.
 
Muhadjir menilai masyarakat masih tergantung pada bantuan-bantuan sosial. Menurutnya, hal ini harus dikurangi menjelang kenormalan baru.
 
Bansos yang telah disalurkan hingga saat ini telah mencapai 90 persen. Bantuan yang disebar berupa bansos sembako, BLT, maupun BLT Desa.
 
Khusus Jakarta, pemerintah mengalokasikan 1,33 juta paket sembako untuk keluarga penerima manfaat (KPM). Sementara untuk warga Bodetabek ada 600 ribu paket sembako.
 
Nilai bantuan yang diberikan Rp600 ribu setiap bulan selama tiga bulan. Paket sembako ini akan diberikan dua kali dalam sebulan dengan nilai Rp300 ribu.
 
Selain itu, pemerintah memberikan BLT bagi warga di luar Jabodetabek. Nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp600 ribu per KPM per bulan.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif