Sandiaga Uno. Antara/Akbar
Sandiaga Uno. Antara/Akbar

Brand Lokal Diharapkan Bisa Bangkit Pascapandemi Covid-19

Nasional Virus Korona umkm
Whisnu Mardiansyah • 21 Mei 2020 14:34
Jakarta: Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus segera bangkit di tengah pandemi covid-19. Terutama bagi brand-brand lokal harus bertahan di tengah pandemi.
 
Hal itu disampaikan dalam dikusi online bertajuk Semangat Kebangkitan Brand Lokal yang disiarkan langsung lewat Instagram @UltimateU_ID dan @RumahSiapKerja. Para pelaku UMKM dilibatkan dalam diskusi.
 
Dalam diskusi ini, Sandi dengan pebisnis muda brand lokal berbagi tips strategi bertahan di tengah pandemi. Menurut Sandi, UMKM yang harus diselamatkan terlebih dahulu karena menjadi penopang ekonomi nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Makna yang kita temukan di tengah pandemi covid-19 ini adalah perlunya mengamankan kekuatan ekonomi kita, yaitu kekuatan ekonomi brand lokal Indonesia,” ujar Sandi, Jakarta, Kamis, 21 Mei 2020.
 
Pengusaha muda, Tirta Mandira Hudhi, menyampaikan pentingnya kebersamaan, kolaborasi, dan gotong royong sesama pelaku bisnis dalam menghadapi pandemi covid-19.
 
“Dari lelang ini harapannya yang kita lihat bukan sekedar nominal tetapi semangat UMKM walaupun saat ini kita lagi habis-habisan, kita memilih untuk bersatu, untuk men-trigger temen-temen brand lokal lain, untuk saling membantu, gerakan membeli satu sama lain, dan kelebihan rejeki kita bisa pakai untuk temen-teman kita yang membutuhkan dalam aksi kemanusiaan,” ujar Tirta.
 
Sementara itu, pemilik brand sepatu lokal asal Bandung, Agit Bambang, menceritakan pengalamannya memulai bisnis. Brand yang ia ciptakan diawali dengan ketidakmampuannya membeli produk sepatu kulit saat masih kuliah di Bandung.
 
Dengan bekal sisa uang beasiswa, Agit melihat sentra produksi sepatu lokal di kawasan Cibaduyut, Bandung. Dari situ, ia tertarik membuat bisnis sepatu dengan brand miliknya kini salah satu sepatu lokal dengan desain menarik.
 
Baca: Keberhasilan UMKM Berjualan Online Masih Rendah
 
Sandi mengajak semua pihak ikut mengumpulkan donasi untuk covid-19. Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada gugus tugas relawan covid-19. Pengumpulan donasi dilakukan dengan cara lelang produk brand-brand lokal.
 
“Dengan melakukan auction for donation, insyaallah kita bisa mengangkat semangat baru untuk menopang UMKM kita,” ujar Sandi.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif