Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)

PKB Yakin Dapat Kursi Ketua MPR

Nasional mpr
Nur Azizah • 22 Juli 2019 15:06
Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakin mendapat kursi ketua MPR melalui sistem paket. Apalagi, PKB berada di posisi lima besar dalam Pemilu 2019 dengan perolehan 58 kursi.
 
"Tahun kemarin ketua MPR itu dari partai pemenang urutan kelima," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Perlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.
 
Dengan sistem paket, terang dia, PDI Perjuangan sebagai pemenang pertama akan mendapat jatah ketua DPR. Sementara itu, Golkar dan NasDem akan mengisi wakil ketua DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Sistem paket ini) peluang PKB untuk jadi ketua MPR," ucap dia.
 
Dia mengeklaim kader PKB paling cocok mengisi posisi tersebut. Karena PKB merupakan partai nasionalis dan agamais.
 
Dia memastikan partainya siap bersaing untuk mendapatkan kursi ketua MPR, termasuk dengan Partai Gerindra selaku pemenang kedua Pemilu 2019. Namun, Gerindra harus memiliki paket untuk mengisi kursi pimpinan MPR.
 
"Gerindra ingin posisi itu dengan paket yang mana? Jadi, ini kan dipilih melalui paket apakah Gerindra akan ikut paket koalisi partai pendukung atau Gerindra membuat paket sendiri," pungkas dia.
 
Pada Pemilu 2019, PDI Perjuangan mendapat perolehan suara terbesar dengan 19,33 persen, Gerindra 12,57 persen, Golkar 12,31 persen, PKB 9,69 persen dan Nasdem 9,05 persen.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif