NEWSTICKER
Menkumham Yasonna Laoly. Foto: Medcom/Damar Iradat
Menkumham Yasonna Laoly. Foto: Medcom/Damar Iradat

DPR Akan Panggil Yasonna

Nasional kemenkumham dirjen imigrasi
Kautsar Widya Prabowo • 28 Januari 2020 20:37
Jakarta: Komisi III DPR akan memanggil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly pekan depan. Legislator ingin mendengar penjelasan Yasonna terkait pencopotan Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi.
 
"Pencopotan itu juga alasannya apa meskipun itu kewenangan Pak Menteri tapi harus ada penjelasannya, karena publik menunggu semuanya," ujar Anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat Hinca Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.
 
Menurut dia, jabatan Dirjen Imirgasi sangat penting untuk menjaga keamanan dalam negeri. Dirjen Imigrasi yang bertanggung jawab terhadap keluar dan masuknya seseorang ke Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi saya akan tetap mempertanyakan dalam rapat yang akan datang dengan Kemenkumham apa sebenarnya yang salah dari sistemnya," tutur dia.
 
Yasonna sebelumnya mencopot Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi. Ronny dicopot untuk menghindari konflik kepentingan terkait investigasi tim independen yang tengah membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut kasus rasuah.
 
"Saya sudah mengfungsionalkan Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdik (Direktur Sistem Informasi Keimigrasian Alif Suaidi)," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2019.
 
Yasonna telah menunjuk pelaksana harian (Plh) menggantikan posisi Ronny. Menurut dia, pencopotan Ronny agar tim independen bisa bekerja baik.
 


 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif