Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Indonesia Akan Kawal Kasus Mei Haryanti Hingga Tuntas

Nasional malaysia buruh migran
Media Indonesia.com • 27 November 2020 03:55
Jakarta: Kasus kekerasan kembali menimpa pekerja migran asal Indonesia Mei Haryanti di Malaysia. Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono menyebut akan mengawal proses hukum hingga tuntas.
 
"Ini salah satu bentuk penyiksaan yang terburuk, sangat tidak manusiawi. Sangat miris dengan kejadian ini, sangat tega ada yang menyiksa sedemikian parahnya," kata Hermono dalam wawancara bersama Metro TV, Kamis, 26 November 2929.
 
Mei Haryanti, pekerja migran Indonesia sektor domestik mengalami kekerasan yang dilakukan oleh majikannya di Kuala Lumpur, Malaysia. Bekas pukulan benda tumpul, luka sayatan benda tajam, hingga siraman air panas ditemukan di tubuh Mei. Hermono menyebut pihaknya baru diperbolehkan bertemu Mei pada Jumat, 27 November 2020 sore.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Korban sekarang dirawat di rumah sakit di Kuala Lumpur," kata dia.
 
Menurut Hermono, dia baru menerima laporan pada Rabu, 25 November 2020 sore. Pihaknya menyiapkan sejumlah langkah mengawal kasus ini.
 
Baca: 470 Pekerja Migran Indonesia Meninggal Sepanjang 2020
 
"Tadi saya sudah komunikasi dengan tim lawyer, untuk memastikan proses hukum berjalan seadil mungkin," kata Hermono.
 
Pihaknya tak ingin hal ini berakhir seperti kasus pekerja migran lainnya, Adelina Lisao yang meninggal karena disiksa majikan. Menurut Hermono, majikan Adelina tak mendapat balasan yang setimpal dari perilaku bejatnya.
 
"Kami juga memastikan lawyer, terkait instruksi agar korban mendapatkan keadilan. Pelaku mendapat hukuman segera mungkin. Dan kami juga berupaya untuk melakukan opsi tuntutan ganti rugi. Kami tengah mempelajari opsi itu," kata dia.
 
(Fathurrozak)
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif