Ilustrasi ASN/MI/Ramdani
Ilustrasi ASN/MI/Ramdani

Pemprov Papua Diminta Segera Melantik Sekda Definitif

Nasional papua ASN
M Sholahadhin Azhar • 28 Oktober 2020 02:08
Jakarta: Pemerintah pusat menunjuk Dance Yulian Flassy sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua diminta segera mengeksekusi penunjukkan itu. Kebijakan tersebut sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Nomor: 159/TPA tahun 2020.
 
"Ini posisi strategis, jangan sampai ditunda-tunda. Imbasnya pasti rakyat," ujar Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI), Adhia Muzakki, melalui keterangan tertulis, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Menurut dia, tak ada alasan bagi Pemprov Papua menunda pelantikan Dance. Sebab Kepres yang dikeluarkan pada 23 September 2020 dan ditandatangani Deputi Bidang Administrasi Sekertariat Kabinet, Presiden Republik Indonesia, Farid Utomo, bersifat mengikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlebih, posisi Sekda Papua tak boleh dibiarkan kosong. Perannya sangat diperlukan masyarakat dalam membantu tugas dan pelayanan di sana.
 
Dia menyebut ditundanya pelantikan sekda definitif secara tidak langsung berdampak pada anggaran di Papua. Hal itu dibuktikan dengan penyerapan APBD yang rendah.
 
"Yang pasti, ada tugas-tugas pokok sekda yang tidak bisa dieksekusi oleh pelaksana tugas (plt) Sekda, yang juga sebagai pimpinan tertinggi dari aparatur sipil negara (ASN)," tuturnya.
 
Adhia mendorong Pemprov Papua melakukan pelantikan sekda definitif. Menurut dia, penunjukan sekda oleh pemerintah pusat merupakan kepedulian terhadap Provinsi Papua.
 
“Pemerintah pusat tidak punya kepentingan apapun, soal siapa yang nanti jadi Sekda Papua. Kami betul-betul hanya memastikan prosesnya berjalan dengan transparan dan akuntabel,” kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif