Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie. Medcom.id/Theo
Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie. Medcom.id/Theo

Berkunjung ke Rusia dan Ukraina, Jokowi Diyakini Tak Pulang dengan Tangan Kosong

Theofilus Ifan Sucipto • 26 Juni 2022 13:51
Jakarta: Pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie yakin kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia dan Ukraina membuahkan hasil. Apalagi, kunjungan tersebut membawa misi yang jelas untuk stabilitas dunia.
 
“Saya kira tidak mungkin (pulang dengan) tangan kosong karena banyak yang sudah diperhitungkan,” kata Connie dalam Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misi Berani Jokowi: Damaikan Rusia-Ukraina,’ Minggu, 26 Juni 2022.
 
Connie mengatakan paling tidak isu pangan menemukan titik terang. Kemudian, membahas masalah energi dalam forum G7 di Jerman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Turunan lainnya disampaikan ke dunia bahwa ada bukti dampak buruk pakta pertahanan,” ujar dia.
 
Connie mengutip pernyataan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Retno menyebut Indonesia perlu bersyukur lantaran tidak mengalami dampak langsung dari konflik Rusia dengan Ukraina.
 
“Tapi jangan terlalu lama (dibiarkan) karena akan membawa efek domino,” papar dia.
 
Baca: Lawatan Jokowi ke Rusia-Ukraina Memengaruhi Perekonomian Indonesia

Presiden Joko Widodo direncanakan mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia, pada akhir Juni 2022. Lawatan Kepala Negara membawa misi kemanusiaan.
 
"Kunjungan ke kedua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang masih tidak normal. Situasi saat ini masih sangat kompleks," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu, 22 Juni 2022.
 
Namun, kata dia, Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi dalam meredakan krisis. Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang melakukan kunjungan ke kedua negara tersebut di tengah invasi Rusia ke Ukraina.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif