Ilustrasi anak muda. Medcom.id
Ilustrasi anak muda. Medcom.id

Partai Politik Dinilai Jalan Pintas Anak Muda untuk Mengabdi Kepada Negara

Anggi Tondi Martaon • 08 Januari 2022 18:08
Jakarta: Partai politik dinilai memiliki keunggulan dibandingkan dengan lembaga lain di negara ini. Anak muda bisa mengabdi kepada negara tanpa mengenal usia melalui partai politik.
 
"Kita kayak kesulitan mendapat posisi strategis politik kecuali bergabung dengan partai," kata asisten staf khusus presiden Romzi Ahmad dalam acara diskusi Fraksi NasDem Politic Next Generation, Jakarta, 8 Januari 2022.
 
Dia mencontohkan anak muda yang peduli dengan kepemiluan. Mereka tidak bisa langsung mencoba menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena terkendala usia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau mau menjadi komisioner KPU dan Bawaslu harus 40 tahun," kata dia.
 
Hal itu tentu menjadi kenadala bagi anak muda yang ingin berkontribusi besar kepada negara. Mereka harus menunggu bertahun-tahun agar memenuhi syarat yang ditetapkan untuk menduduki jabatan strategis.
 
"Buat teman-teman yang berumur 20 tahun dan ingin membuat kualitas demokrasi lebih baik itu butuh waktu untuk bisa menempati posisi strategis," sebut dia.
 
Hal berbeda bila anak muda bergabung dengan partai politik. Mereka bisa menjadi salah satu pembuat kebijakan dengan menjadi anggota dewan melalui partai politik.
 
"Saat berada di legislatif, itu kita bisa langsung berada pada posisi strategis mengubah kebijakan," ujar dia.
 
Baca: Wibi Ajak Anak-anak Muda Terjun ke Partai Politik
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif