Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: MTVN.
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: MTVN.

Pemerintah tak akan Hambat Kelahiran Parpol

Nasional parpol
M Sholahadhin Azhar • 19 Oktober 2017 11:32
medcom.id, Jakarta: Pemerintah mengapresiasi kelahiran partai politik (politik) yang ingin berkiprah di Tanah Air. Kelahiran parpol baru harus dilihat sebagai partisipasi yang positif.
 
"Pemerintah dan KPU (Komisi Pemilihan Umum) tidak boleh menghambat lahirnya partai politik," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan tertulis, Kamis 19 Oktober 2017.
 
Meski jumlahnya ribuan, Mendagri tidak akan mempermasalahkan. Pasalnya, kehadiran mereka dijamin konstitusi. Masyarakat berhak berhimpun, berserikat, dan berpartai. Yang harus digarisbawahi adalah soal keabsahan partai melalui seleksi di KPU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU sudah mengeluarkan aturan dan ketentuan tentang syarat partai, termasuk soal jumlah kuota anggota di tiap provinsi, kabupaten, dan kota. Hal itu harus menjadi perhatian partai karena menjadi pertimbangan KPU dalam menyeleksi.
 
"Yang penting seleksi peserta KPU harus transparan, sebagaimana ketentuan UU dan peraturan KPU yang ada," kata Tjahjo.
 
Usai lolos proses penyaringan dari KPU, elektabilitas partai akan ditentukan oleh masyarakat. Pembagian suara berdasarkan pendukung pasti terjadi, tergantung kepentingan atau pandangan politik tiap individu. Tjahjo melihat, sebanyak apapun partai, hukum alam pasti akan berlaku.
 
Dia mencontohkan soal presidential threshold dalam pemilihan legislatif. Masyarakat yang akan mengambil peran menentukan kelayakan parpol. "Masyarakat pemilih yang akan menentukan berapa partai yang lolos," pungkas Tjahjo.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif