Connie Rahakundini (kiri) dan Bara Parryradja saat peluncuran buku Aku adalah Peluru. Medcom.id/ Sonya
Connie Rahakundini (kiri) dan Bara Parryradja saat peluncuran buku Aku adalah Peluru. Medcom.id/ Sonya

Sisi Lain Connie Rahakundini dalam 'Aku adalah Peluru'

Nasional peluncuran buku
Sonya Michaella • 23 Februari 2019 01:27
Jakarta: Sisi lain dari pengamat militer dan pertahanan Connie Rahakundini dituangkan dalam sebuah buku berjudul 'aku adalah peluru'. Buku ini ditulis oleh Bara Parryradja, seorang penyair dan sastrawan.
 
Judul tersebut kata Bara bukan sekadar biografi dan pemikiran-pemikiran Connie. Namun juga berisi tentang ikhtiar literer seorang perempuan berintelektual di Indonesia.
 
Buku setebal 189 halaman ini juga dikemas dengan cukup menarik. Salah satu target pembacanya memang kaum milenial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Buku ini menjawab masalah literasi tentang pemikiran pertahanan negara, militer, dan bela negara yang dikemas dalam bentuk prosais yang cukup renyah. Buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dicerna oleh generasi milenial," kata Bara, dalam peluncuran buku di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Jumat 22 Februari 2019.
 
Dalam buku ini, Connie menyinggung tentang sosok Ratu Kalinyamat yang disebutnya melampaui status dan penempatan perempuan di Indonesia pada masa lampau.
 
Menurut Connie, Ratu Kalinyamat adalah figur historis Nusantara yang memberikannya banyak inspirasi. Selain itu, ada pula soal kegalauan Connie terkait pandangan agama dan kepercayaan di Indonesia. Di samping itu 50 persen dari isi buku ini tetap soal militer dan pertahanan.
 
"Saya tetap mengangkat sejarah maritim di buku ini agar bangsa ini punya kemampuan bermimpi. Banyak yang menyangsikan bahwa Indonesia tidak bisa menjadi poros maritim dunia, mengejek Presiden. Tetapi saya tahu, bahwa kita bisa," ujar Connie.
 
Connie juga mengajak agar pembaca untuk meresapi arti nasionalisme dan semakin percaya diri untuk tampil dalam pergaulan di dunia internasional.
 
"Sejarah serta semangat kedigdayaan bangsa ini harus dibangkitkan dan bangunkan," jelas Connie.

 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi