Juru Bicara PSI Bidang Hukum Rian Ernest.
Juru Bicara PSI Bidang Hukum Rian Ernest.

Koruptor Harus Diperlakukan Seperti Maling

Nasional kasus korupsi
02 Januari 2019 15:00
Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memborgol semua tersangka kasus korupsi. Para koruptor dinilai tidak layak melenggang dengan tangan terlepas.
 
Juru Bicara PSI Bidang Hukum Rian Ernest mengatakan, sudah sewajarnya para koruptor diperlakukan layaknya penjahat pada umumnya. Utamanya para koruptor yang menyangkut kemaslahatan masyarakat.
 
"Partai kami mengutuk pelaku korupsi proyek bencana. Korupsi di negeri ini sudah keterlaluan, sebelumnya pengadaan kitab suci Alquran dikorupsi, pembangunan tugu antikorupsi pun dikorupsi, kini proyek bencana alam dikorupsi. Ini menunjukkan korupsi sudah kronis, seperti tidak ada efek jera pada pelaku korupsi,” kata Rian, Rabu, 2 Januari 2018.

Baca: Kronologi OTT Pejabat Kementerian PUPR

Menurutnya, harus ada efek jera kepada para koruptor. Tidak hanya dihukum secara pidana, mereka juga harus dihukum secara sosial.
 
"Para tersangka harus diborgol dan diperlihatkan kepada masyarakat agar mereka tidak cengengesan dan menebar pencitraan. Kami mendukung KPK memborgol para tersangka saat diperlihatkan ke publik, maling saja diborgol, masa maling proyek bencana malah cengegesan,” ujar Rian.
 
Rian menilai para koruptor sudah tidak malu merampok uang rakyat. “Di negara lain tersangka koruptor tertunduk malu, mereka mengundurkan diri, bahkan beberapa bunuh diri karena sudah mempermalukan keluarga dan kolega,” katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi