Jokowi Desak Arab Transparan soal Kematian Khashoggi

Achmad Zulfikar Fazli 22 Oktober 2018 14:53 WIB
arab saudi
Jokowi Desak Arab Transparan soal Kematian Khashoggi
Presiden Joko Widodo/Foto: Biro Setpres
Bogor: Presiden Joko Widodo menyampaikan langsung harapannya terhadap kasus kematian jurnasil Jamal Khashoggi kepada perwakilan Arab Saudi. Ia menyampaikan itu kepada Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

"Indonesia mengharapkan investigasi yang sedang dilakukan dapat dilakukan dengan transparan," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Senin, 22 Oktober 2018.

Baca: Rentetan Waktu Pembunuhan Jamal Khashoggi


Retno mengatakan Adel telah menjelaskan kematian Khashoggi sebelum tiba di Tanah Air. Penjelasan itu juga yang dibeberkan kepada Jokowi.

Retno juga enggan menjelaskan banyak tentang Khashoggi. Ia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Al-Jubeir, Rabu, 23 Oktober 2018.

"Kalau saya bicara sekarang besok tidak ada yang dibahas," ucap dia.

Baca: Putra Mahkota Arab Saudi Telepon Putra Jamal Khashoggi

Khashoggi tewas di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober, saat hendak merampungkan dokumen terkait perceraian. Pihak Arab Saudi 18 orang berkaitan kematian sang jurnalis, Sabtu, 20 Oktober.
 
Laporan bertolak belakang mengenai apakah Khashoggi sempat meninggalkan konsulat memicu penyelidikan. "Arab Saudi akan melanjutkan memberikan informasi mengenai kasus ini, setelah ada perkembangan terbaru," ucap Al-Jubeir, beberapa waktu lalu.
 
Secara terpisah, seorang pejabat Arab Saudi mengatakan hilangnya Khashoggi didasarkan atas kesalahan informasi yang dilaporkan secara internal saat kejadian berlangsung. "Adanya kesalahan pada laporan misi awal memicu penyelidikan dari pemerintah. Para pejabat pun diperintahkan untuk tidak berbicara kepada publik selama penyelidikan berlangsung," sebut pejabat itu.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id