Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Thohir Disebut Jalan Tengah KIB di Pilpres 2024

Al Abrar • 22 Januari 2023 20:24
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok calon wakil presiden (cawapres) yang tepat untuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Erick Thohir menjadi sosok yang semakin menguatkan hubungan antar partai politik (parpol) dalam KIB.
 
Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi, Political Literacy Desk (Polldesk) Faisal Riza mengatakan, figur seperti Erick Thohir mampu menjadi jalan tengah bagi KIB. Erick Thohir lebih diterima oleh koalisi yang diisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golkar itu.
 
Kondisi demikian, dia menambahkan, bukannya tanpa ada alasan. Dia melihat latar belakang Erick Thohir yang tidak terikat dengan parpol manapun alias non parpol menjadi faktor penting dalam menjaga stabilitas komunikasi koalisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iya saya melihat begitu (jadi jalan tengah) dalam posisi sebagai figur non parpol," ujar Faisal. 
 
Selain itu, dia menyebut, bahwa Erick Thohir tidak hanya mampu menciptakan jalinan komunikasi positif antar parpol. Akan tetapi kehadirannya juga dapat mengisi kekosongan ceruk suara yang tidak dimiliki parpol dalam KIB. 
 
"Kemudian faktor lain, pilihan terhadap termasuk cawapres tidak hanya menunjukkan kuat dalam mengatrol suara. Tapi bagaimana figur itu bisa mengkonsolidasikan kelompok," kata Faisal.
 
Lebih dari itu, dia melihat, keberadaan Erick Thohir yang juga aktif dalam berbagai sektor masyarakat tentu juga menunjukkan adanya pengaruh kuat. Terutama untuk menggaet suara dari segmentasi kelompok-kelompok tertentu.
 
" Soal konsolidasi, Portofolio Pak Erick Thohir lebih nampak. Kemampuan mengkonsolidasikan bisnis di HIPMI, di BUMN," ucap Faisal.
 
(ALB)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif