Presiden Joko Widodo dan Angela Herliani Tanoesoedibjo.
Presiden Joko Widodo dan Angela Herliani Tanoesoedibjo.

Jokowi Butuh Menteri Muda Matang Manajerial

Nasional
Medcom • 11 Oktober 2019 10:00
Jakarta: Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, mengapresiasi siakp Presiden Joko Widodo yang berencana menunjuk anak muda masuk dalam kabinetnya. Namun, sosok muda tersebut harus matang manajerial.
 
"Lima tahun ke depan diperlukan menteri-menteri yang berusia muda, tetapi matang di dalam manajerial, matang di bidang leadership dan matang dalam kepribadian," kata Emrus, Jumat 11 Oktober 2019.
 
Menurutnya, tiga kematangan tersebut tidak ditentukan oleh faktor usia, yang muda pun bisa matang kepemimpinan, manajerial dan kepribadian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait sosok muda yang potensial masuk kabinet, Emrus menyebut semua pemuda berpeluang. Menurutnya banyak kader partai yang muda, namun belum banyak yang memiliki pengalaman memimpin.
 
“Ada beberapa yang memang manjadi sorotan. Seperti nama Angela Tanoesoedibjo yang kerap bertemu Jokowi, masih muda, energik, kreatif. Saya melihat rekam jejaknya bagus. Punya jiwa kepemimpinan," kata Emrus.
 
Namun, kata Emrus, tidak cukup hanya pengalaman manajerial, tetapi kaum milenial yang familiar dengan teknologi, dengan industri 4.0 atau bahkan sudah meningkat 5.0, karena terbiasa menggunakannya.
 
"Kepemimpinan yang akan datang sangat diperlukan orang yang punya kemampuan menggunakan teknologi," ungkap Emrus.
 
Sebab, lanjutnya, interaksi hubungan antar negara, interaksi ekspor-impor dan lain sebagainya sudah memanfaatkan teknologi.
 
Sebelumnya, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq menyebut Jokowi meminta TKN mencari calon menteri muda yang cerdas, cantik dan energik.
 
Ahmad Rofiq mengungkapkan, saat pertemuan 28 April 2019, Jokowi menyampaikan sejumlah kriteria calon menteri yang dicari.
 
"Dari apa yang disampaikan Pak Jokowi, Perindo juga menyiapkan diri kalau diminta mengusulkan calon figurnya, yaitu Angela Herliani Tanoesoedibjo (anak Hary Tanoesoedibjo)," kata Rofiq.
 
Rofiq mengungkapkan, Angela saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Utama RCTI dan GTV, memimpin ribuan karyawan dengan pengalaman dan pendidikan Magister dari Australia, Angela dipercaya akan melakukan terobosan-terobosan baru membantu Jokowi mempercepat kemajuan Indonesia
 
"Angela aktif di dunia profesional dan merupakan Wasekjen Partai Perindo. Cantik, cerdas, muda. Pas jadi panutan bagi generasi milenial," ungkapnya.
 
Menurut Rofiq, Jokowi adalah pemimpin yang bisa membaca tanda-tanda zaman. Generasi muda ke depan adalah calon penerus para pemimpin bangsa.
 
Menteri dari generasi milenial tersebut merupakan bagian dari upaya regenerasi kepemimpinan di kabinet dari tokoh-tokoh muda oleh Jokowi.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif