Pengamat Politik Pangi Syarwi. (Foto: Medcom.id/Sholahadhin Azhar)
Pengamat Politik Pangi Syarwi. (Foto: Medcom.id/Sholahadhin Azhar)

NasDem Semakin Dewasa Berpolitik

Nasional Partai NasDem
M Sholahadhin Azhar • 01 November 2019 21:01
Jakarta: Safari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dinilai sebagai bentuk kedewasaan dalam berpolitik. Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menyebut sikap Surya sebagai contoh berpolitik yang baik.
 
"Sudah semestinya inisiatif NasDem ini menjadi contoh virus positif untuk elit politik lainnya untuk tetap membangun silaturahmi kebangsaan untuk menjamin keadaban berpolitik di negeri ini," ujar Pangi di Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Menurut dia, sikap Surya Paloh dan elit PKS juga harus ditiru petinggi partai politik lainnya. Kebuntuan dan ketegangan politik yang bersifat temporal jangan membatasi komunikasi antarpartai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pangi menilai menjadi aneh dan terkesan kekanak-kanakan jika ketegangan politik terus dirawat. Misalnya, ada elit yang menyimpan dendam berlarut-larut.
 
Sebaiknya, kata dia, sumbatan komunikasi ini jangan dikait-kaitkan dengan ideologi partai. Karena secara faktual ideologi telah memudar hampir di semua partai politik.
 
"Bahkan kita lebih berani mengatakan, tidak ada satu pun partai yang punya ideologi. Sehingga tidak ada alasan bagi partai untuk menutup diri untuk berkomunikasi dengan partai mana pun," kata dia.
 
Dinamika politik pasca-Orde Baru, terang dia, semakin mengokohkan argumentasi ini. Sebab, koalisi antarpartai cenderung lebih cair mulai dari level pilpres hingga pilkada. Saat ini, faktor ideologis bukan penentu terciptanya koalisi
 
"Faktor taktis dan strategis memenangkan kontestasi justru memegang peranan utama," imbuh Pangi.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif