Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Jokowi Dorong Pamong Praja Muda Kawal Cara Kerja Baru

Nasional jokowi reformasi birokrasi
Theofilus Ifan Sucipto • 29 Juli 2020 10:34
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta lulusan pamong praja muda mengawal cara kerja baru. Alur pemerintahan harus semakin ringkas.
 
“Dari cara kerja yang rumit, yang lambat, menjadi cara kerja yang cepat,” kata Jokowi saat melantik pamong praja muda lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXVII 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Jokowi mengatakan persaingan antarnegara bukan lagi soal negara kaya mengalahkan negara miskin. Namun, negara yang cepat beradaptasi akan mengalahkan yang lambat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Jokowi, Indonesia masih dibelenggu prosedur dan birokrasi yang rumit. Kepala Negara menegaskan sudah saatnya memangkas keruwetan prosedur.
 
“Kerja kita harus berorientasi hasil, harus cepat, harus efisien, harus langsung dirasakan oleh rakyat,” tegas dia.
 
Efektivitas bekerja, kata Jokowi, semakin relevan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Seluruh tindakan dan kebijakan harus gesit dan tepat sasaran.
 
“Cara kerja seperti itu (efektif) tidak bisa ditawar lagi,” tutur Kepala Negara.
 
Jokowi mengingatkan pamong prama muda bakal menjadi masa depan pemerintahan Indonesia. Mereka diminta melanjutkan semangat nasionalisme dan melayani masyarakat.
 
“Hati kalian yang akan merawat kedekatan dengan rakyat dan yang melayani rakyat. Tekad kalian yang akan memperkokoh Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ucap Jokowi.
 
Baca: Rp22 T Disiapkan untuk Digitalisasi Pemerintahan
 
Kepala Negara menjelaskan lulusan pamong praja muda harus terus belajar dan mengikuti perkembangan zaman. Jokowi yakin para lulusan bisa mengemban tanggung jawab dengan baik.
 
“Tunjukkan integritas, tunjukkan loyalitasmu. Saya percaya bahwa saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Jokowi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif