Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat (Rerie). Foto: Medcom.id/Rhobi Shani
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat (Rerie). Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Pemerintah Harus Pastikan Masyarakat Paham Kenormalan Baru

Nasional Virus Korona New Normal
Anggi Tondi Martaon • 01 Juni 2020 20:41
Jakarta: Pemerintah diminta tidak hanya sibuk menyusun aturan kenormalan baru. Pemahaman masyarakat juga harus ditingkatkan agar dapat menjalankan kenormalan baru dengan baik.
 
"Masyarakat harus memahami bahwa new normal atau kenormalan baru bukan berarti kita akan kembali pada kebiasaan kita yang dulu. Tetapi kita benar-benar masuk pada kebiasaan baru yang mengedepankan pola hidup bersih, dan disiplin menjaga jarak antarorang sesuai protokol kesehatan,” kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Jakarta, Senin, 1 Juni 2020.
 
Upaya meningkatkan pemahaman bisa dilakukan melalui sosialisasi yang masif. Ini perlu dilakukan agar masyarakat secara sadar menerapkan berbagai anjuran, terutama protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pastikan pemahaman masyarakat itu juga sampai ke akar rumput," ucap dia.
 
Pemerintah juga harus memastikan fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan di tempat keramaian, seperti pasar dan mal, dipersiapkan dengan baik. Tempat cuci tangan harus diperbanyak dan mudah diakses masyarakat.
 
Sebelum membuka pasar maupun mal, para pedagang atau pegawai pusat perbelanjaan harus dipastikan terbebas dari virus korona. "Karena itu, tempat-tempat test PCR pun harus bisa diakses dengan mudah oleh para pedagang," ujar dia.
 
Baca: Pemda Mesti Gelar Simulasi Tatanan Kehidupan Baru
 
Legislator Partai NasDem itu juga meminta tim khusus disiagakan di setiap tempat keramaian. Ini diperlukan untuk menangani tata kelola pengendalian covid-19 di wilayah setempat.
 
"Bahkan, juga dilengkapi pos kesehatan yang memiliki kelengkapan test PCR dan pertolongan pertama untuk mengantisipasi penyebaran," ujar dia.
 
Dia berharap penerapan kenormalan baru berlangsung aman. Jangan sampai kebijakan untuk menggerakkan roda perekonomian ini menyebabkan ledakan kasus positif covid-19.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif