Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan

Wacana Jokowi Bubarkan 18 Lembaga Diharapkan Bukan Gertak Sambal

Nasional jokowi menpan
Theofilus Ifan Sucipto • 15 Juli 2020 09:32
Jakarta: Wacana Presiden Joko Widodo membubarkan 18 lembaga diharapkan tak sekadar gertak sambal. Perampingan lembaga diyakini mempercepat pembangunan Indonesia.
 
“Pembubaran jangan hanya lip service atau gertak sambal semata,” tegas Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, kepada Medcom.id, Rabu, 15 Juli 2020.
 
Jerry mengatakan Jokowi harus berkomitmen atas ucapannya. Apalagi, tujuan Jokowi sangat strategis, demi menghemat anggaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tidak perlu ragu membubarkan 18 lembaga yang kurang memberi kontribusi,” ujar Jerry.
 
Ketegasan bisa mengembalikan citra positif Jokowi. Publik, kata Jerry, mulai gerah dengan penanganan pemerintah soal penanganan virus korona (covid-19).
 
Wacana reshuffle kabinet juga tak kunjung terjadi. Jerry menilai kemarahan dan ketegasan Jokowi seharusnya bisa menjadi motivasi agar pembantunya serius bekerja.
 
Baca: Jokowi Bakal Pangkas 18 Lembaga
 
Publik tengah menanti terobosan baru Jokowi. Seluruh kebijakan yang diambil Jokowi harus transparan dan bertanggung jawab pada seluruh ucapannya.
 
“Pemimpin yang efektif harus pegang komitmen antara pernyataan dan tindakan,” tegas Jerry.
 
Presiden Joko Widodo mengatakan akan merampingkan 18 lembaga/komisi. Namun, ia belum mau membocorkan institusi mana yang dimaksud.
 
Jokowi mengatakan semakin sedikit lembaga, akan semakin gesit bekerja. Lagi pula, beberapa lembaga yang akan dipangkas memiliki tugas yang serupa dengan kementerian.
 
"Kalaupun bisa kembalikan ke menteri, kementerian, ke dirjen (direktur jenderal), direktorat, direktur, kenapa kita harus paaie badan dan komisi-komisi itu lagi," kata Jokowi saat berbincang-bincang dengan wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 13 Juli 2020.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif