Fadli Zon Khawatir Suara Siluman
Waketum Gerindra Fadli Zon mendatangi sidang musisi Ahmad Dhani yang terjerat kasus ujaran kebencian. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menyisir temuan pemilih ganda di daftar pemilih tetap (DPT) di Pemilu 2019. Jika dibiarkan, ia khawatir banyak pemilih siluman.

"Menurut saya harus kita hentikan (pemilih ganda) supaya demokrasi kita demokrasi yang merepresentasikan suara rakyat, bukan suara siluman," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 14 September 2018. 

Menurut Fadli, temuan pemilih ganda itu bukti masih lemahnya sistem pendataan suara pemilih di Indonesia. Ia khawatir ada intervensi dari pihak tertentu soal pemilih ganda.


"Pasti kan masalah DPT ini yang jelas ada dan jumlahnya itu variatif. Ini masih menunjukkan sistem kita itu masih banyak atau masih mudah diintervensi," jelas Fadli.

Baca: KPU Rekap Ulang DPT dengan Berjenjang

Semestinya, kata dia, Indonesia bisa mencontoh India. Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, tidak ada masalah dalam DPT. Sementara itu di Indonesia masih carut-marut masalah DPT. 

"Mereka (India) bisa meng-handle dengan baik. Masa kita ini sudah di abad ke-21 enggak mampu untuk menyelesaikan masalah ini, kan sudah berkali-kali setiap pemilu pasti ada DPT," pungkas dia. 



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id