Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Pelajar Hingga Pekerja Wajib Ikut Pembinaan Bela Negara

Nasional presiden jokowi bela negara
Nur Azizah • 21 Januari 2021 01:26
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional. Regulasi ini mengatur soal Penyelenggaraan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN). 
 
Pada pasal 3 ayat 1 dikatakan PKBN merupakan pelaksanaan dari pendidikan kewarganegaraan. Ruang lingkup PKBN ialah pendidikan, masyarakat, dan pekerja. 
 
"Penyelenggara PKBN di lingkup pendidikan dilaksanakan melalui sistem pendidikan nasional," bunyi Pasal 4 ayat 1, seperti dikutip Medcom.id, Rabu, 20 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyelenggaraan PKBN dilakukan di setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan. Sementara itu, PKBN di lingkup masyarakat akan diatur oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama. 
 
"Penyelenggaraan PKBN di lingkup pekerja dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, TNI, dan Kepolisian," demikian isi Pasal 16 ayat 1 aturan tersebut.
 
PKBN untuk pekerja ditujukkan bagi warga negara yang bekerja di bidang lembaga negara, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Selain itu, PKBN dilaksanakan di TNI, kepolisian, Badan Usaha Milik Negara/Daerah, serta badan usaha milik swasta. 
 
"Penyelenggaraan PKBN bagi pekerja dilaksanakan oleh menteri bekerja sama dengan pimpinan lembaga negara," bunyi Pasal 16 ayat 4.
 
Aturan ini ditandatangani Jokowi pada 12 Januari 2021. Regulasi berlaku sejak tanggal penetapan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif