Koalisi Umat Madani Buka Peluang Mendukung Jokowi

Kautsar Widya Prabowo 30 Juni 2018 19:38 WIB
pilpres 2019
Koalisi Umat Madani Buka Peluang Mendukung Jokowi
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Wahyu Putro A).
Jakarta: Koalisi Umat Madani (KUM) membuka peluang mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019. Syarat, Jokowi harus betul-betul menjalankan sila Ketuhanan Yang Maha Esa. 
 
"Kalau Jokowi mau tobat konstitusi kita ngapain dukung yang lain, bisa saja dukung dia," ujar deklarator Koalisi Umat Madani (KUM) Eggi Sudjana di Restoran Aljazaera, Jakarta, Sabtu, 30 Juni 2018.

Saat ini, jelas dia, sila pertama dalam Pancasila belum berdaulat pada sektor hukum. Sila keempat yakni Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan juga dinilai belum berjalan sempurna  

"Sila keempat ini tidak berlaku, yang berlaku liberalis dan kapitaslis. Kita ingin ubah Pancasila itu bisa bersaudara dan UU45 dapat berjalan," jelas dia.


Baca: Koalisi Umat Madani Deklarasikan Amien Rais Capres 2019

Atas dasar itu, Eggi mengatakan KUM mendukung Amien Rais sebagai calon presiden. Dia menilai Amien memiliki intelektual yang tinggi pada agama dan politik. "Pak Amien mengerti betul UU45, ngerti banget Alquran," imbuh dia.

Ketuan Umum KUM Letjen TNI (Purn) Syarwan Hamid mengatakan Amien mengantongi strategi untuk mengalahkan Jokowi. Ia mengajak semua pihak untuk bersatu mendukung Amien. Apalagi, dia mengklaim saat ini tak ada tokoh yang bisa mengalahkan Jokowi selain Amien. 

"Kami ingin proses penggalangan kekuatan tokoh oposisi berbasis umat dapat lebih dipermudah, guna segera terbentuknya koalisi keumatan, demi #2019GantiPresiden," pungkas dia.



(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id