Petugas keamanan desa adat atau pecalang menegur warga yang beraktivitas di Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali, Minggu, 26 April 2020. Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Petugas keamanan desa adat atau pecalang menegur warga yang beraktivitas di Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali, Minggu, 26 April 2020. Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Pariwisata Bali Berpotensi Dibuka Lebih Dulu

Nasional pariwisata Virus Korona New Normal
Nur Azizah • 28 Mei 2020 14:14
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berpotensi membuka Bali lebih dulu dibandingkan tempat pariwisata lainnya. Hal ini lantaran tingkat risiko (R0) penularan virus korona (covid-19) di 'Pulau Dewata' itu semakin kecil.
 
"Yang dibuka kembali adalah yang penanganan covidnya baik sesuai laporan gugus tugas dan Bali adalah salah satu provinsi yang sangat baik penanganannya dan covidnya, sampai saat ini potensilah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio di Jakarta, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Namun, Wishnutama akan berkoordinasi kembali dengan kepala daerah setempat. Pembukaan pariwisata juga harus melibatkan gugus tugas penanganan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi koordinasi ini penting, koordinasi pusat, daerah. Paling penting untuk melaksanakan tahapan-tahapan ini, jadi satu kesatuan," ujar dia.
 
Terkait dengan rencana menerapkan konsep travel bubble tourism pada Bali, Wishnutama belum mau menjawab. Dia hanya menerangkan konsep masih menjadi wacana di Selandia Baru (NZ) dan Australia.
 
"NZ-Australia belum dilaksanakan juga mereka baru rencana masih review potensinya," ujar dia.
 
Pariwisata Bali Berpotensi Dibuka Lebih Dulu
 
Baca: Mempersiapkan Skenario Protokol New Normal
 
Presiden Jokowi Widodo memerintahkan Wishnutama merancang program pariwisata yang aman dari covid-19. Wishnutama juga diminta menggencarkan promosi produk-produk lokal dan atraksi kebudayaan.
 
Jokowi menyebut langkah ini dapat membuat wisatawan domestik maupun luar negeri bisa pelesiran dengan aman. Masyarakat pun bisa kembali produktif.
 
"Mengenai waktunya kapan, tolong tidak usah tergesa-gesa, tapi tahapan-tahapannya yang tadi saya sampaikan dilalui dan dikontrol dengan baik," tegas Jokowi.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif