NEWSTICKER
Seorang staf bekerja mendorong peralatan medis di tengah wabah korona di Tiongkok. Foto: AFP/GREG BAKER
Seorang staf bekerja mendorong peralatan medis di tengah wabah korona di Tiongkok. Foto: AFP/GREG BAKER

Legislator Dukung Satgas Informasi Korona Dibentuk

Nasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Anggi Tondi Martaon • 22 Februari 2020 19:19
Jakarta: Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati mendukung pembentukan Satgas informasi virus korona (novel coronavirus)Covid-19 yang diusulkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Anggota satgas diisi seluruh negara anggota ASEAN ditambah Tiongkok.
 
"Sehingga semua negara bisa saling menjaga, menyiapkan dan mensuport perangkat yang perlu dipersiapkan," kata Kurniasih kepada Medcom.id, Sabtu, 22 Februari 2020.
 
Beberapa negara di ASEAN sudah melaporkan temuan virus korona. Bahkan, Singapura sudah meningkatkan status kewaspadaan menjadi siaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Indonesia harus terus mengantisipasi persebaran virus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Huberi Tiongkok tersebut. Salah satunya, memperketat pintu masuk dari negara yang sudah terinfeksi virus korona.
 
"Jadi ini harus menjadi perhatian dan diwaspadai oleh pemerintah," ujar dia.
 

Legislator Dukung Satgas Informasi Korona Dibentuk
Awak media mengelilingi seorang penumpang (tengah) yang meninggalkan Diamond Princess di Yokohama, Jepang, 19 Februari 2020. Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU
 
Indonesia mengajak negara anggota ASEAN dan Tiongkok bersama-sama memperkuat mekanisme kawasan dalam menghadapi merebaknya wabah virus korona COVID-19.
 
Retno Marsudi mengusulkan tiga langkah penting untuk meningkatkan kolaborasi. Pertama meningkatkan koordinasi pencegahan, kontrol dan meminimalkan dampak wabah COVID-19.
 
Baca: Tiongkok Dukung Usul Indonesia Bentuk Satgas Informasi Korona
 
Selanjutnya, memperkuat mekanisme menghadapi wabah virus korona. Terakhir, memperkuat strategi komunikasi.
 
Usulan yang disampaikan oleh Indonesia didukung oleh Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Deng Xijun. Menurutnya, Satgas Informasi tersebut sebagai bentuk kerja sama untuk merespon penyebaran virus korona.
 
"'Apa pun inisiatif atau proposal, kerja sama kondusif untuk merespons penyebaran virus, akan mendapat dukungan dari Tiongkok," kata Deng Xijun dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif