Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Jemaah Haji 2020 Bakal Dibekali Kartu Debit

Nasional ibadah haji
Kautsar Widya Prabowo • 18 Februari 2020 18:21
Jakarta: Jemaah haji Indonesia akan dibekali kartu debit untuk membiayai kebutuhan sehari-hari mulai 2020. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, haji asal Indonesia cenderung boros ketika diberi uang tunai.
 
"Kalau dikasih dalam bentuk debit, mungkin akan dipakai secukupnya dan dia (haji) bangga pulang (rekening) masih ada isinya," kata Menteri Agama Fachrul Razi, di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020.
 
Kartu debit ini juga berfungsi sebagai kartu identitas jemaah. Dia berharap pembenahan yang terus dilakukan dapat memperbaiki pelaksaan haji.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Agama Fachrul Razi menjamin pelayanan untuk jemaah haji bakal lebih baik. Servis terus ditingkatkan tanpa penambahan biaya.
 
"Sebagai contoh makan dulu di Mekkah 40 kali, sekarang kita jadikan 50 kali," kata Fachrul saat rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.
 
Jemaah Haji 2020 Bakal Dibekali Kartu Debit
Ilustrasi umat Islam tawaf keliling kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah umrah di Masjidil Haram. Foto: Antara/Aji Styawan
 
Pemerintah Indonesia terus membenahi penyelenggaraan haji. Jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas muslim ingin berhaji, membuat waktu tunggu tinggi dan memaksa pemerintah harus memutar otak.
 
Beberapa perbaikan, di antaranya, modifikasi sistem zonasi, menambah kualitas fasilitas bagi haji, dan pendaftaran haji sudah bisa sejak bayi. Kebijakan itu mengingat masyarakat Indonesia yang ingin berhaji bertambah tiap tahun.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif