Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019 Tjahjo Kumolo berkeliling Gedung Kementerian Dalam Negeri. ANT/M Risyal Hidayat.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019 Tjahjo Kumolo berkeliling Gedung Kementerian Dalam Negeri. ANT/M Risyal Hidayat.

Tito Akan Mengubah Budaya Pelayanan di Kemendagri

Nasional kemendagri pelayanan publik
M Sholahadhin Azhar • 24 Oktober 2019 11:47
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengaku akan mengubah budaya pelayanan yang ada di kementeriannya. Budaya saat ini dinilai terkesan feodalistik, dan menghambat pelayanan publik.
 
"Kita harus mengikuti apa yang diinginkan oleh pemilik negara, yakni rakyat. (Tugas) Kita melayani," kata Tito di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Tito juga ingin melakukan reformasi birokrasi Kemendagri. Dia mengakui hal itu tak mudah. Dia juga pernah melakukannya di kepolisian, dan perubahan tak bisa berjalan mulus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengubah budaya dari penguasa, pejabat, menjadi pelayan itu enggak gampang tetapi harus kita lakukan," tegas dia.
 
Jenderal bintang empat itu mengaku akan terlebih dahulu melakukan pendekatan terhadap anak buahnya untuk membuang sekat yang bersifat formal. Dia juga akan melihat cara kerja jajarannya di Kemendagri dalam menuntaskan tugas-tugas yang sudah berjalan.
 
"Saya berusaha membangun hubungan personal dengan rekan-rekan di lingkungan Kemendagri," kata dia.
 
Presiden Joko Widodo melantik Tito sebagai menteri dalam negeri pada Rabu, 23 Oktober 2019. Tito dilantik bersama dengan 37 menteri lain di Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif