Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Menteri PANRB 'Kepincut' Birokrasi Korea Selatan

Nasional birokrasi
Ilham Pratama Putra • 10 Desember 2019 16:57
Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo ingin meniru sistem birokrasi Korea Selatan (Korsel). Birokrasi Kosel dianggap sigap menghadapi dinamika.
 
"Misalnya itu Presidennya (Park Geun-hye) kena masalah hukum. Birokrasinya, pusat dan daerah solid," kata Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Desember 2019.
 
Menurut dia, mesin birokrasi Indonesia belum mampu sebaik 'Negeri Ginseng'. Saat ada operasi tangkap tangan (OTT) kepala daerah contohnya, roda birokrasi terkena imbas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PDI Perjuangan itu menilai perbaikan birokrasi bisa dimulai dari sistem. Pemangku kepentingan harus lebih responsif terhadap aduan masyarakat.
 
Semakin cepat aduan masyarakat direspons, lembaga negara hingga pemerintahan daerah akan menjadi lebih baik. Jika hal itu terwujud, Tjahjo tak segan memberi apresiasi.
 
"Ya, ketika daerah itu berhasil menjaga integritas, menekan sampai tidak ada pungli (pungutan liar), antikorupsi, baik korupsi waktu, korupsi uang dan lain-lainnya," ujar dia.
 
Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga jemu melihat sistem birokrasi pemerintahan yang berbelit. Perbaikan birokrasi menjadi fokus Jokowi sejak dilantik menjadi kepala negara untuk periode kedua, 2019-2024.
 
Jokowimenginstruksikan kementerian/lembaga menghapus jabatan struktural pegawai negeri sipil (PNS) untuk eselon III dan IV. Hal tersebut dinilai efektif memotong alur pengambilan keputusan.
 
Selain itu, Jokowi berencana mengganti para pejabat eselon III dan IV dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Dengan pelibatan kecerdasan buatan yang identik dengan robot, Jokowi meyakini birokrasi akan lebih cepat.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif