Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan petinggi Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Negara, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan petinggi Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Negara, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

AHY Bertemu Jokowi Hari Ini

Nasional partai demokrat
Damar Iradat • 22 Mei 2019 08:49
Bogor: Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bakal menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 Mei 2019. Pertemuan antara AHY dan Jokowi sedianya diagendakan kemarin, tetapi ditunda.
 
"Jadi (pertemuan AHY dengan Presiden Jokowi)," kata Deputi Media The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indriyani, saat dikonfirmasi.
 
Kendati demikian, belum diketahui isu apa yang akan dibahas oleh kedua tokoh dalam agenda pertemuan kali ini. Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean saat dihubungi kemarin juga masih belum mau memaparkan hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya belum bisa buka agendanya apa," ujar Ferdinand.
 
Pertemuan Jokowi dan AHY hari ini merupakan yang kedua kalinya dalam satu bulan terakhir ini. Putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu telah bertemu Jokowi pada Kamis, 2 Mei 2019.
 
Saat itu AHY menyebut jika pertemuan itu sekadar silaturahmi. Ia berdalih saat itu hanya diundang Presiden dan membicarakan gagasan untuk mewujudkan demokrasi Indonesia yang semakin baik.
 
“Tentunya kita harus terus melakukan tukar pikiran dan juga saling memberikan masukan yang baik dan positif," kata Agus usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.
 
Kendati begitu, rencana pertemuan AHY dan Jokowi memunculkan beragam spekulasi. Isu merapatnya Partai Demokrat ke kubu Jokowi juga semakin berembus belakangan ini.
 
Baca: Elite Demokrat Minta Gerindra Tak Gegabah
 
Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno saat itu mengatakan pertemuan Jokowi dan AHY baru langkah awal upaya membangun komunikasi politik. Pertemuan itu bisa saja berlanjut ke tahap pembahasan yang lebih serius.
 
"Bisa juga pertemuan itu sebagai pertemuan tahapan awal (pemanasan) untuk melakukan komunikasi tingkat lanjut terkait kemungkinan kerja sama Jokowi dan Demokrat," kata Adi saat itu.
 
Partai Demokrat menunjukkan sikap yang kerap bersebrangan dengan partai koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Bahkan, belakangan hubungan Demokrat dengan koalisi kian memanas usai Ferdinand menarik dukungan kepada pasangan Prabowo-Sandiaga. Ferdinand geram buzzer 'setan gundul' di media sosial menyerang Ani Yudhoyono, istri SBY.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif