WNI di Malaysia dipulangkan karena terdampak lockdown. Antara/Aswaddy Hamid
WNI di Malaysia dipulangkan karena terdampak lockdown. Antara/Aswaddy Hamid

Larangan WNI Masuk 59 Negara Berdampak Buruk

Nasional Virus Korona wni
Anggi Tondi Martaon • 09 September 2020 09:54
Jakarta: Sebanyak 59 negara menutup akses masuk bagi warga negara Indonesia (WNI). Larangan itu dinilai membawa beberapa dampak buruk terhadap Indonesia.
 
Pertama, penutupan akses dapat menurunkan citra Indonesia di dunia internasional. Terutama soal pengendalian penyebaran virus korona.
 
"Kita dianggap tidak kredibel dalam menangani covid-19," kata anggota Komisi I DPR Abdul Kadir Karding kepada Medcom.id, Rabu, 9 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, penutupan akses masuk bagi WNI akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Devisa dari hasil kerja WNI di negara yang bersangkutan akan terhenti. Penutupan akses juga diyakini berdampak pada kinerja ekspor-impor.
 
Dia mendesak pemerintah merespons keputusan 59 negara tersebut. Pemerintah harus menggencarkan komunikasi ke negara yang menutup akses WNI seiring meningkatkan kinerja penanganan covid-19.
 
"Ada penjelasan dan lobi ke negara-negara tersebut oleh Kemenlu (Kementerian Luar Negeri), apa upaya kita dalam menangani covid-19 ini," ujar dia.
 
Baca: Warga dari 23 Negara Dilarang Masuk ke Malaysia, Termasuk Indonesia
 
Sebelumnya, Kemenlu menyebut 59 negara menutup akses masuk bagi WNI. Keputusan diambil negara-negara tersebut karena kasus covid-19 di Indonesia cukup tinggi. Per 8 September 2020 total kasus di mencapai 200.035 orang.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif