Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom/Zaenal Arifin
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom/Zaenal Arifin

KPU Akan Pastikan Petugasnya Terbebas dari Covid-19

Nasional Virus Korona Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 28 Mei 2020 19:40
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mempersiapakan protokol kesehatan dalam menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Setiap penyelenggara pemilu di berbagai tingkatan akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan terbebas dari covid-19.
 
"Kami ingin penyelenggara (melakukan) tes covid-19, sebelum bertemu dengan pemilih, pendukung, dan peserta. Kami berpikiran mereka harus sehat," ujar Ketua KPU Arief Budiman dalam diksusi rumah pemilu, Jakarta, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Tes menjadi kunci untuk memastikan penyelenggara pemilu aman dari covid-19. Sehingga, petugas di lapangan tidak menjadi penyebar covid-19 di tengah masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mekanisme dari tes tersebut masih dalam penggodokan di internal KPU. Karena ini menyangkut tahapan pillada.
 
Arief menjelaskan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dapat melakukan tes covid-19 satu kali sebelum pemungutan suara. Sedangkan panitia pemungutan suara (PPS) perlu melakukan tes lebih dari sekali.
 
"PPS mereka melakukan verifikasi dukungan calon, dua minggu lagi membantu memutakhirkan data, berapa kali mereka harus melakukan tes," ujarnya.
 
Baca: KPU Berencana Gunakan Alat Coblos Sekali Pakai
 
Arief mengatakan rencana tes covid-19 untuk para penyelenggara ini akan dimasukkan ke draf Peraturan KPU. "Sekarang lagi dirumuskan dan dihitung, mereka harus dites dengan cara bagaimana, ada rapid test (dan) PCR," katanya.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif