Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Insentif Rp600 Ribu bagi Karyawan Harus Tepat Sasaran

Nasional Virus Korona Bantuan Langsung Tunai PSBB
Theofilus Ifan Sucipto • 06 Agustus 2020 17:30
Jakarta: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut bantuan Rp600 ribu per bulan bagi karyawan bergaji di bawah Rp5 juta mesti tepat sasaran. Data penerima harus jelas.
 
“Bantuan apa pun harus sampai ke tangan yang berhak,” tegas Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Agustus 2020.
 
Dasco menegaskan pendataan karyawan yang menerima bantuan harus transparan. Transparansi penting untuk mencegah praktik kotor dalam distribusi bantuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Gerindra itu menilai besaran Rp600 ribu sudah proporsional. Dasco berharap bantuan bisa membantu karyawan memenuhi kebutuhan di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
(Baca: Gaji di Bawah Rp5 Juta Bakal Dapat Insentif Rp600 Ribu/Bulan)
 
“Program itu sedikit banyak membantu bagi yang benar-benar memerlukan,” ujar Dasco.
 
Pemerintah menyiapkan anggaran Rp31,2 triliun bagi 13 juta pekerja. Karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta akan mendapat bantuan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.
 
"Pemerintah sedang mengkaji pemberian bantuan gaji kepada 13 juta pekerja yang mendapatkan yang memiliki upah di bawah Rp5 juta," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Ani) dalam video conference di Jakarta, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
Ani menyebut kebijakan ini bagian dari stimulus program perlindungan sosial. Realisasi program perlindungan sosial baru mencapai Rp85,51 triliun dari total anggaran Rp203,91 triliun yang disiapkan pemerintah.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif