Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom

Pemahaman Masyarakat Terkait Proses Hukum Tindak Kekerasan Seksual Harus Ditingkatkan

Nasional Partai NasDem nasdem kekerasan seksual Lestari Moerdijat RUU TPKS
Nur Azizah • 20 Januari 2022 21:47
Jakarta: Kehadiran Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) harus dibarengi dengan kesiapan para korban untuk melaporkan kasus yang dialami. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan sejumlah langkah untuk memberi pemahaman terkait upaya mewujudkan keadilan dan perlindungan bagi korban kasus kekerasan seksual harus dilakukan. 
 
"Sementara proses legislasi RUU TPKS sedang berlangsung, upaya memberi pemahaman kepada masyarakat agar berani melaporkan tindak kekerasan seksual yang dialami juga langkah penting," kata Lestari dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Januari 2022. 
 
Menurut Lestari, jumlah korban kekerasan seksual yang terungkap di masyarakat saat ini hanyalah fenomena gunung es. Rerie, sapaan akrab Lestari yakin jumlah kasus kekerasan seksual di tanah air jauh lebih banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab, banyak korban yang tidak berani melapor. Rerie berharap para pemangku kepentingan mengambil bagian dalam memberi pemahaman dan pendampingan terhadap para korban.
 
Baca: Perlu Banyak Langkah Strategis untuk Percepat Pembahasan RUU Prioritas
 
Menurut Rerie, pembukaan posko-posko pengaduan tindak kekerasan seksual di seluruh wilayah Indonesia bisa menjadi langkah awal memberikan pemahaman menyeluruh terkait pentingnya upaya pelaporan dalam proses hukum kasus kekerasan seksual. Seperti yang dilakukan Partai NasDem.
 
Posko pengaduan ini sekaligus bisa difungsikan sebagai pusat sosialisasi pencegahan dan advokasi kasus-kasus tindak kekerasan seksual yang masuk. Rerie berharap upaya ini bisa melindungi masyarakat dari ancaman tindak kekerasan seksual.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif