Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Negara Harus Membangun Demokrasi Tanpa Kekerasan

Nasional hak asasi manusia komnas ham presiden jokowi
Andhika Prasetyo • 17 November 2020 06:28
Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta Presiden Joko Widodo membangun demokrasi tanpa kekerasan. Pemerintah dan aparat penegak hukum benar-benar harus memperhatikan norma-norma HAM.
 
"Dalam penyelenggaraan pemilu, dalam aksi-aksi demonstrasi, kita harus cermati bersama ancaman-ancaman politik kekerasan," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 16 November 2020.
 
Baca: KontraS Desak UU Pengadilan HAM Direvisi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komnas HAM secara khusus meminta Kepala Negara menyampaikan pidato pada Hari HAM Internasional pada 10 Desember 2020. Sebagai negara yang dibangun berlandaskan HAM, momen ini semestinya menjadi tumpuan peneguhan komitmen menegakkan HAM.
 
Menurut dia, jauh sebelum deklarasi HAM 1948 dicetuskan, para pendiri bangsa sejatinya sudah mengangkat isu ini. Untuk itu, Taufan tak ingin peringatan Hari HAM Internasional di Tanah Air hanya sekadar seremoni.
 
"Tetapi juga harus menjadi bagian peneguhan sikap sebagai bangsa dan negara untuk betul-betul komitmen dalam mengimplementasikan pembangunan bangsa yang berbasis HAM," tegas dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif