Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. MI/M Irfan
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. MI/M Irfan

Mensos Diminta Tak Mencaplok Kerja Dinsos di Daerah

Nasional tri rismaharini Kementerian Sosial DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 05 Januari 2021 13:29
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini diingatkan untuk memahami batas ruang lingkup tugasnya. Sebab, pemerintah pusat dan daerah telah berbagi tugas menyelesaikan permasalahan sosial masyarakat.
 
"Ada ranah yang memang menjadi tanggung jawab dinas sosial daerah," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily kepada Medcom.id, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Namun, politikus Partai Golkar itu tak mempermasalahkan mitra kerjanya aktif blusukan. Metode tersebut dianggap sebagai langkah tepat agar Risma 'belanja' masalah sosial di daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ace menilai blusukan efektif memastikan layanan sosial berjalan baik. Terutama, memastikan pusat pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) berjalan dan mengayomi warga dengan masalah sosial.
 
"Seperti kelompok tuna wisma, anak terlantar, anak berhadapan dengan hukum, dan lain-lain. Agar mereka diperhatikan negara," ungkap dia.
 
Baca: Risma Diharapkan Rutin Blusukan Belanja Masalah Sosial
 
Selain itu, Ace menilai Risma meneladani Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bekerja. Kepala Negara rajin blusukan melihat berbagai permasalahan yang terjadi, terutama fakta sosial di lapangan.
 
"Apalagi masalah-masalah sosial itu diperlukan pendekatan yang lebih humanistik dengan turun langsung di masyarakat," ujar dia.
 
Langkah Risma blusukan pada hari pertama kerja sebagai menteri sosial di sekitar Kali Ciliwung, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat menuai pro dan kontra. Banyak pihak menilai langkah tersebut sebagai upaya pencitraan.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif