Presiden Joko Widodo. Dok. BPMI
Presiden Joko Widodo. Dok. BPMI

Jokowi Ingatkan Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Nasional jokowi kerukunan beragama toleransi beragama
Nur Azizah • 23 November 2020 18:21
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa di tengah pandemi covid-19. Jokowi berharap perbedaan bisa memperkuat dan memperkokoh fondasi kebangsaan.
 
"Kita tidak  boleh membiarkan upaya-upaya yang berusaha merusak toleransi antarsuku, agama, dan ras," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional X Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) secara virtual, Senin, 23 November 2020.
 
Pembukaan dihadiri seluruh Pengurus Pusat PMKRI periode 2020-2022. Rakernas ini berlangsung dari 22-27 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi mengapresiasi kontribusi PMKRI selama 73 tahun. Menurut Jokowi, PMKRI telah berpartisipasi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui berbagai aktivitasnya.
 
"Kontribusi dalam menjaga nilai-nilai persaudaraan, membangun kehidupan mahasiswa dalam menjaga persatuan dan kesatauan, serta kontribusi mengembangkan talenta-talenta Indonesia," tutur dia.
 
Jokowi juga menyambut gembira keseriusan PMKRI dalam bertransformasi ke era digital. Menurut dia, revolusi industri 4.0 membuat digital tak terhindari.
 
"Maka setiap generasi muda harus menjadi smart digital user. Menjadi pengguna yang cerdas dan mampu meggunakan perangkat digital secara efektif untuk keperluan belajar dan berorganisasi," ujar Jokowi.
 
Baca: Wapres: Tokoh Agama Berperan Besar Menguatkan Kerukunan Bangsa
 
Sementara itu, Ketua Presidium PP PMKRI, Benediktus Papa, mengatakan rakernas X PMKRI yang dilaksanakan bertepatan dengan situasi pandemi menjadi tantangan tersendiri. Namun, bersamaan dengan itu, kata Benidiktus, menjadi kesempatan untuk memperkuat konsolidasi organisasi.
 
"Jadi, ini tantangan sekaligus kesempatan bagi seluruh anggota PMKRI untuk sama-sama mengonsolidasikan gagasan yang mampu membawa PMKRI tetap adaptif terhadap segala situasi dan sekaligus mampu memberikan arah baru dalam memberikan kontribusi rill terhadap situasi kebangsaan," ujar Benidiktus.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif