Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

NasDem Dorong Pemerintah Godok Regulasi Vaksinasi Mandiri

Nasional Partai NasDem Virus Korona vaksin covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 12 Januari 2021 10:43
Jakarta: Partai NasDem mendorong pemerintah menggodok aturan mengenai vaksinasi covid-19 secara mandiri. Vaksinasi mandiri dikhususkan bagi masyarakat dengan kemampuan finansial lebih.
 
"Skema vaksinasi mandiri yang segala kebutuhannya dipenuhi secara swadaya oleh warga," kata Ketua Fraksi NasDem DPR Ahmad Ali dalam keterangan tertulis, Selasa, 12 Januari 2021.
 
Menurut dia, pemerintah harus membuat regulasi konkret terkait praktik tersebut. Sehingga, ada payung hukum terkait vakinasi swadaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar praktik vaksinasi mandiri ini tidak menyalahi ketentuan yang berlaku," ucap dia.
 
Baca: Bio Farma: Vaksin Covid-19 Sinovac Sudah Bisa Digunakan
 
Vaksinasi covid-19 secara mandiri dinilai penting agar program nasional ini bisa berjalan secara simultan. Sehingga, target penduduk yang disuntik vaksin bisa terpenuhi. 
 
"Jadikan skema ini sebagai perwujudan semangat gotong royong sebagai satu bangsa dalam upaya menghentikan penularan virus korona," ujar Ali.
 
Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan pemakaian izin darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin covid-19 produksi Sinovac, Tiongkok. 
 
Indonesia akan memulai vaksinasi pada Rabu, 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang akan disuntik.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif