Presiden Joko Widodo menerima Menlu AS Mike Pompeo di Istana Bogor, 29 Oktober 2020. Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menerima Menlu AS Mike Pompeo di Istana Bogor, 29 Oktober 2020. Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

Kunjungan Menlu AS Diyakini Tak Bahas Pangkalan Militer di Indonesia

Nasional presiden jokowi Mike Pompeo
Anggi Tondi Martaon • 30 Oktober 2020 11:01
Jakarta: Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada Kamis, 29 Oktober 2020, diyakini membahas sejumlah kerja sama, termasuk pertahanan. Namun, pertemuan itu dinilai tak membahas rencana Amerika membangun pangkalan militer di Indonesia.
 
"Saya yakin Amerika juga tidak meminta itu," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Politikus Golkar itu melihat kerja sama pertahanan yang dibahas sebatas penguatan. Salah satunya, latihan bersama antara pasukan militer Indonesia dan Amerika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pertemuan juga membahas stabilitas keamanan kawasan. Hal ini perlu dilakukan agar seluruh negara menghormati aturan yang berlaku.
 
Baca:Kehadiran Menlu AS ke Jakarta Beri Pesan Penting untuk Tiongkok
 
"Negara-negara saling duduk bersama untuk membahas dan mematuhi hukum internasional yang berlaku di perairan-perairan, tidak hanya Natuna tapi di mana pun," ungkap dia.
 
Selain pertahanan, Jokowi dan Pompeo disebut membahas kerja sama bidang perekonomian dan kesehatan. Sebab, dunia tengah dilanda pandemi virus korona (covid-19).
 
Meutya mengapresiasi langkah politik luar negeri Indonesia yang aktif menjalin kerja sama dengan berbagai negara. Hal itu diharapkan dapat meminimalisasi dampak pandemi virus korona bagi Indonesia dan dunia.
 
"Kita sedang menghadapi pandemi juga potensi kesulitan dunia, komunikasi dengan berbagai negara itu menjadi amat baik," ujar dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif