Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Komaruddin Beberkan 3 Faktor Kemunculan Parpol Islam

Nasional parpol partai politik islam
Nur Azizah • 07 Mei 2021 21:22
Jakarta: Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Komaruddin Hidayat mengatakan ada tiga faktor lahirnya partai politik Islam. Pertama, karena panggilan sejarah di Indonesia.
 
"Seperti ada tanggung jawab terhadap jalannya republik, negara ini," kata Komaruddin dalam diskusi virtual bersama Moya Institute, Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.
 
Kedua, sebagai satu kekuatan kritik. Komaruddin menyampaikan ketika kritik melibatkan semua identitas kelompok maka kritik lebih didengarkan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketiga, yang saya khawatirkan jangan-jangan ini dijadikan instrumen ketika orang-orang itu terpinggirkan enggak bisa masuk maka berkelompok agar suaranya membesar," ucap dia. 
 
Bila alasan ini dipakai, Komaruddin khawatir ini akan dijadikan retorika sesaat dan instrumental. Alasan ini juga dianggap tidak visioner. 
 
"Kalau ini yang mengemuka, maka ini suatu kemunduran. Jadi, Islam digunakan karena kekalahan," ujarnya. 
 
Baca: Waketum NasDem: Perbedaan Jangan Didiamkan, Tapi Didialogkan
 
Mantan Rektor Universitas Islam Negeri Jakarta ini menyampaikan, sekarang hampir semua kelompok memiliki politik ketakutan. "Ada juga partai politik yang semakin menguruskan, dinasti-dinasti yang telah establish mencari cara bagaimana pertahankan agar tidak ada dinasti baru," ucap dia. 
 

Menolak poros Islam

Masih di dalam diskusi yang sama, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan pembentukan poros Islam dianggap hanya akan memperlebar pembelahan politik identitas di masyarakat pasca-Pilpres 2019. Anis menolak ide koalisi poros Islam. 
 
Ia menilai ada persoalan yang jauh lebih signifikan daripada sekadar ide poros Islam. "Ide ini menurut saya hanya akan memperdalam pembelahan yang sedang terjadi di masyarakat," kata dia.
 
 
Halaman Selanjutnya
Anis melihat saat ini sedang…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif