Koalisi Prabowo Bantah Usulkan Debat Capres Berbahasa Inggris

Putri Rosmala 14 September 2018 15:04 WIB
pilpres 2019Prabowo-Sandi
Koalisi Prabowo Bantah Usulkan Debat Capres Berbahasa Inggris
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Foto: Medcom.id/Anindya Legia Putri.
Jakarta: Koalisi partai pengusung Prabowo Subianto membantah mengusulkan debat capres cawapres berbahasa Inggris. Ide yang dilontarkan Ketua DPP PAN Yandri Susanto murni usulan pribadi.
 
Politisi Gerindra Fadli Zon mengatakan usulan itu adalah ide perorangan yang substansinya tidak mendesak.
 
"Itu bukan usulan resmi. Itu usulan dari perorangan, kita belum menjadikan itu usulan resmi," kata Fadli Zon, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 14 September 2018.
 
Fadli mengatakan pengunaan bahasa Indonesia sudah cukup untuk debat presiden. Namun, bila perlu dilakukan untuk menunjukkan kemampuan berbahasa, hal itu bisa saja dilakukan.
 
"Kalau ada sedikit sesi soal itu ya boleh-boleh saja, tapi kan saya kira masyarakat ingin tahu substansi debat itu," ujar Fadli.

Baca: Bahasa Indonesia Wibawa Bangsa

Ia mengatakan kemampuan berbahasa tidak hanya dapat dinilai dari mahir atau tidaknya berbahasa asing. Namun, dari apa isi yang disampaikan dan ketersampaian informasi.
 
"Menurut saya sih tentu bahasa Indonesia yang penting," ujar Fadli.
 
Sebelumnya, Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengusulkan format debat capres dan cawapres pilpres 2019 menggunakan bahasa Inggris. Menurut Yandri, usulan itu bisa menjadi pertimbangan KPU untuk semakin menunjukkan kemampuan kedua pasangan calon.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id