Menaker Ingin Kerja Sama Regional Diperkuat
Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri di pertemuan Pimpinan Buruh se-ASEAN. Foto: Istimewa.
Jakarta: Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri berharap kerja sama regional di bidang tenaga kerja dan buruh migran diperkuat. Hal itu disampaikan di dalam pertemuan ASEAN Trade Union Council (ATUC). 

”Pertemuan pimpinan buruh se-ASEAN ini sangat strategis untuk mengambil kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kerja sama tripartit antara serikat pekerja, pengusaha dan pemerintah,” kata Hanif di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 24 November 2018.

Forum yang mempertemukan para presiden konfederasi buruh se-Asia Tenggara ini baru pertama kali diselenggarakan di Tanah Air. Hal ini menjadi torehan sejarah untuk gerakan buruh Indonesia.


Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) pimpinan Andi Gani Nena Wea bertindak sebagai tuan rumah. Dia berharap pertemuan ini dapat mendorong kerja sama yang lebih intens di antara para anggota.

Baca: Investasi Jateng Naik, Serapan Tenaga Kerja Turun

”Semoga pertemuan ini bisa mencapai kesepakatan untuk meningkatkan lebih erat kerja sama negara-negara anggota ATUC dan kerja sama pelindungan buruh migran,” kata Andi Gani.

Pertemuan ATUC dibuka Menaker Hanif. Acara dihadiri Direktur ILO Michiko, Presiden ATUC Abdul Halim Mansoor, Sekjen ATUC Ruben Torres sertra pimpinan daerah KSPSI se-Indonesia.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id