Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

Pengamat: Golkar Adalah Kelompok Teknokrat

Nasional partai golkar
Nur Azizah • 30 Desember 2018 12:56
Jakarta: Partai Golkar dinilai bisa menjadi partai yang mengusung nilai-nilai pemikiran politik dan pembangunan, ketimbang parpol lain. Pasalnya, Golkar dinilai memiliki kader dari kalangan teknokrat, yang mampu menghadirkan ide-ide pembangunan.
 
"Golkar bisa tampil sebagai pemimpin dalam pemikiran politik dan pembangunan dengan partai-partai lain. Mengapa? Karena dalam sejarah, Golkar adalah kelompok teknokrat," kata Pengamat politik Fachry Ali di Jakarta, Minggu, 30 Desember 2018.
 
Menurut Fachri, ide pembangunan sangat penting. Melihat kondisi politik saat ini kosong terhadap ide-ide kepemimpinan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akibatnya, tidak ada hal yang memberikan inspirasi segar dalam dunia politik. Dia menyebut, parpol tidak lagi memproduksi pengetahuan yang mencerdaskan.
 
"Golkar juga, atau terlebih partai-partai lain, tidak lagi bertindak sebagai aktor dalam mereproduksi pengetahuan agar rakyat bisa belajar dan tercerdaskan. Kekosongan inilah yang menyebabkan hoaks lebih menjadi ‘senjata’ dalam pertarungan politik dewasa ini," ujarnya.
 
Baca: Airlangga: Golkar Habis-habisan Kampanyekan Jokowi-Ma'ruf
 
Partai politik semestinya bisa membuat terobosan pemikiran dan gagasan. Aktivitas para kadernya, harus diarahkan sebagai 'pemikir-politisi' atau 'politisi-pemikir'. "Saya percaya Golkar bisa membuat terobosan ini untuk kecerdasan politik bangsa," ujar dia.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan tujuan berpolitik Golkar untuk pembangunan bangsa. Hal itu dia sampaikan dalam pidato refleksi akhir tahun pada Kamis, 27 Desember 2018.
 
"Kita berpolitik untuk pembangunan. Kita berupaya merebut hati rakyat bukan demi kekuasaan semata, tetapi justru untuk mengabdikan diri kita pada sebuah tujuan mulia, yaitu untuk memajukan perikehidupan seluruh rakyat Indonesia," kata Airlangga saat itu.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif