Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

NasDem Garda Terdepan Pengawas Kebijakan Pemerintah

Nasional partai nasdem Kabinet Jokowi-Maruf
Nur Azizah • 22 Oktober 2019 15:41
Jakarta: Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate menegaskan partai tetap berkoalisi dengan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dia membantah kabar NasDem keluar dari koalisi pemerintah.
 
Johnny menjelaskan, NasDem siap menjadi oposisi bila seluruh partai masuk koalisi. NasDem tak mau pemerintah berjalan tanpa check dan balance.
 
"Kalau semuanya di dalam kabinet, bagaimana mengatur itu. Perlu ada yang mengambil sikap kritis, konstruktif, dan rasional. Untuk posisi itu NasDem akan ambil kalau masuk semua," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Johnny menyebut oposisi dibutuhkan buat menghasilkan kebijakan yang baik. Apabila, posisi koalisi sudah ada yang mengambil, NasDem tetap menjadi oposisi.
 
"Kalau ada yang mengambil posisi itu maka NasDem menjadi garda terdepan dari kebijakan pemerintah," ujar dia.
 
Johnny menegaskan, NasDem menjadi pendukung utama Jokowi sejak Pilpres 2014. Partai besutan Surya Paloh ini kembali mendukung Jokowi pada periode 2019-2024.
 
"Jadi, ini menjelaskan kutipan yang tidak lengkap itu, (pernyataan Surya Paloh) dikutip tidak lengkap," ujar dia.
 
Beredar kabar NasDem keluar dari kubu Jokowi lantaran Partai Gerindra masuk ke koalisi. Partai Gerindra disebut mendapat jatah dua menteri, yakni Menteri Pertahanan yang akan diisi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Menteri Pertanian.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif