Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Medcom.id/Lukman Diah Sari
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Medcom.id/Lukman Diah Sari

Muhaimin Terang-Terangan Siap Nyapres 2024

Nasional capres Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar Cak Imin
Anggi Tondi Martaon • 18 Oktober 2021 11:34
Jakarta: Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar terang-terangan menyatakan kesiapannya maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia menganggap menjadi calon presiden (capres) merupakan sebuah tantangan.
 
”Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap," kata Muhaimin melalui keterangan tertulis, Senin, 18 Oktober 2021.
 
Namun, Wakil Ketua DPR itu enggan tergesa-gesa mendeklarasikan diri sebagai capres. Muhaimin bakal melihat perkembangan perpolitikan menjelang Pilpres 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harus bersabar dulu karena pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” ungkap dia.
 
Eks Wakil Ketua MPR itu menyampaikan kesiapan maju sebagai capres karena dukungan kader PKB. Dia akan membangun koalisi dengan partai politik lain untuk merealisasikan keinginan kader tersebut.
 
Dia menyampaikan penggalangan kekuatan politik itu harus dilakukan. Pasalnya, PKB tidak bisa mengusung capres sendiri. Ada syarat ambang batas pencalonan 20 persen yang belum dapat dipenuhi PKB.
 
”Jika nantinya maju maka untuk mencari figur capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi," ujar dia.
 
Baca: PKB Pertimbangkan Menduetkan Muhaimin dan Prabowo di Pilpres 2024
 
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid menyatakan PKB terbuka untuk membangun koalisi dengan siapapun. Apalagi sejumlah partai sudah secara terang-terangan bakal mengusung pimpinan mereka pada Pilpres 2024.
 
Jazilul menyampaikan PKB berikhtiar menjadikan Muhaimin sebagai capres. Namun, pihaknya realistis jika keinginan tersebut tak terwujud dan mendapat jatah sebagai calon wakil presiden. Hal itu tergantung dinamika politik.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif