Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: M Sholahadhin Azhar/Medcom.id
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: M Sholahadhin Azhar/Medcom.id

Tito Mewanti-wanti Kepala Daerah

Nasional apbd
M Sholahadhin Azhar • 24 Oktober 2019 14:24
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mewanti-wanti kepala daerah agar menggunakan anggaran sesuai dengan program kerja. Dia mengingatkan ada konsekuensi hukum kepala daerah yang 'nakal' dalam menyerap anggaran.
 
"Kalau (anggaran) diserap hasilnya enggak jelas, hati-hati berhadapan dengan hukum, (bakal) proses hukum," kata Tito di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Sebagai Menteri Dalam Negeri, dia bertanggung jawab atas serapan anggaran daerah. Mantan Kapolri ini pun meminta kepala daerah memaksimalkan penyerapan anggaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, penggunaan anggaran yang tepat sasaran merupakan indikator good governance di daerah. Dia ingin menciptakan iklim yang kompetitif antara kepala daerah.
 
"Yang mana yang bisa mengeksekusi anggaran dengan penyerapan bagus, dan hasilnya bagus, kita akan berikan penilaian bagus," kata Tito.
 
Mantan Kapolda Papua itu juga mengingatkan penyerapan anggaran harus sesuai dengan rencana. Dia meminta Dirjen Keuangan Daerah Syarifuddin menginventarisasi daerah yang baik dan belum maksimal dalam menyerap anggaran.
 
Dia bakal menertibkan pemerintah daerah dengan penyerapan minim.
 
"Kan kasihan masyarakat. Uangnya ada kok enggak bisa dipakai, berarti perencanaannya ga bener. Eksekusinya enggak bener," kata Tito.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif