Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi (Awiek). Foto: MI/Susanto
Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi (Awiek). Foto: MI/Susanto

PPP Dorong RUU Minuman Beralkohol Masuk Prolegnas

Nasional undang-undang Omnibus Law
Whisnu Mardiansyah • 02 Desember 2019 16:34
Jakarta: Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusulkan lima rancangan undang-undang (RUU) yang masuk program legislasi nasional (Prolegnas) 2020. Kelima RUU itu RUU larangan minuman beralkohol, wisata halal, ekonomi syariah, perlindungan anak yatim dan terlantar serta organisasi masyarakat.
 
"PPP sudah usulkan, yang kami harap masuk Prolegnas prioritas 2020. Poksi-poksi PPP menyampaikan usulan yang bersamaan dengan usulan komisi terkait," kata Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi (Awiek) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 2 Desember 2019.
 
Awiek menyebut pihaknya sengaja mendorong RUU Larangan Minuman Beralkohol lantaran sudah banyak korban akibat mengonsumsi minuman beralkohol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah kematian akibat konsumsi minuman beralkohol pada periode ini mencapai 546 (kasus)," beber Awi.
 
Anggota Fraksi PPP Illiza Sa'aduddin Djamal melanjutkan pihaknya juga mendorong RUU Wisata Halal. Indonesia dinilai memiliki potensi besar menjadi negara wisata halal terbesar di dunia.
 
"Global muslim travel indeks, 2026 diprediksi Indonesia akan menjadi wisata muslim global. Ini kesempatan Indonesia ambil kesempatan agar pendapatan Indonesia bertambah," terang Illiza.
 
Illiza menuturkan Indonesia memiliki segalannya buat menjadi kawasan wisata halal dunia berdasar keragaman budaya dan pariwisatanya. Namun, potensi itu belum digali hingga masih tertinggal dengan negara-negara lain.
 
"Kedatangan turis muslim lebih besar datang ke Malaysia, ke Turki dibanding Indonesia. Karena kemasan wisata halal belum begitu punya daya tarik. Harus kita kemas dengan cukup baik. Dibutuhkan regulasi," papar dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif