Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Medcom.id
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Medcom.id

PKS Belum Putuskan Usung Gibran di Solo

Nasional boaz solossa Pemilu Serentak 2020
Arga sumantri • 26 November 2019 11:40
Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum mengambil keputusan mengusung putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020. Nama bos usaha kuliner Markobar itu belum disetor keDewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS.
 
"Sampai hari ini dari Solo belum ada laporan apa-apa," kata Presiden PKS Sohibul Iman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 26 November 2019.
 
PKS membebaskan pengurus di daerah menentukan calon kepala daerah yang bakal diusung. DPP PKS, kata dia, menjamin kemerdekaan pengurus daerah menentukan arah koalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Silakan, mau berkoalisi dengan partai apa pun, mau menokohkan siapa pun, sesuai dengan suasana batin di sana," ungkap dia.
 
Sohibul menyebut pengurus di daerah diwajibkan mengirim dua nama kandidat yang bakal diusung di pilkada. Setelahnya, DPP yang akan memutuskan nama calon yang diusulkan. Sohibul pun masih enggan berandai-andai PKS bakal mengusung Gibran di Pilwalkot Solo 2020.
 
"Kita tunggu saja," ucap Rektor Universitas Paramadina 2005–2007 itu.
 
Gibran berniat maju sebagai cawalkot Solo di Pemilu Serentak 2020. Niat itu disampaikan saat bersilaturahmi ke kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
"Saya sampaikan keadaan Solo seperti apa. Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju," kata Gibran usai menemui Megawati, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.
 
Gibran mengaku sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA) lewat Dewan Pimpinan Cabang (DPC)PDI Perjuangan Solo.Putra sulung Jokowi itu merasa wajib maju sebagai calon wali kota melalui partai berlambang banteng itu.
 
Sementara itu, DPC PDI Perjuangan sudah menunjuk pasangan tunggal Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. Di sisi lain, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Solo menawarkan ketuanya, Abdul Ghofar, untuk mendampingi Gibran.
 
"Abdul Ghofar itu kartu hidup. Cocok dipasangkan dengan siapa saja termasuk Gibran," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PKS Solo Sugeng Riyanto, Kamis, 31 Oktober 2019.
 

 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif